Jumat, 14 Desember 2007

Teknologi E-Business Untuk Menyimpan, Mengumpulkan, Menelusuri, dan Mendisitribusikan Darah


Beberapa waktu lalu dua perusahaan terkemuka IBM (NYSE: IBM) dan MAK-System International Group di Paris mengumumkan sebuah aliansi strategis yang bertujuan untuk menggunakan teknologi e-business untuk meningkatkan serta melindungi pasokan darah yang disumbangkan. Kedua perusahaan tersebut mengumumkan bahwa mereka mengadopsi teknologi e-business yang dapat meningkatkan konsep pengelolaan darah, sehingga membantu dan menjamin keselamatan serta dapat ditelusurinya darah dari sang donor ke si penerima. Dengan teknologi ini pun dapat dilakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan donor melalui kegiatan transfusi dan bank darah, termasuk pengumpulan, pemrosesan, pengujian, pendistribusian serta penelusuran darah yang disumbangkan. Selain itu juga dapat diketahui dengan pasti asal-usul darah tersebut.

Canadian Blood Services (CBS), yang mengumpulkan lebih dari 800.000 unit darah setiap tahunnya, sangat memuji kolaborasi ini. CBS memberikan pokok-pokok keselamatan dalam penyaringan darah, pengumpulan, pengujian, produksi dan pendistribusian produk darah. Aplikasi Progresa dari MAK-System, dikombinasikan dengan infrastruktur, layanan dan hardware yang dikeluarkan oleh perusahaan terkemuka seperti IBM. Maka dengan demikian akan meningkatkan fungsionalitas, keselamatan dan kendali atas proses yang berhubungan dengan kegiatan donor dan transfusi darah secara keseluruhan.

Setiap tahunnya, jutaan liter darah dikumpulkan di seluruh dunia. Sifat darah yang mudah rusak dan beranekaragamnya jenis darah dan golongan darah serta produk sampingannya merumitkan proses pengumpulan dan menekankan pentingnya mempertahankan keselamatan melalui pengujian, pengelolan persediaan, pendistribusian yang tepat waktu serta kelengkapan yang konstan. Sebagai contoh Palang Merah Amerika, mengatakan bahwa mereka memerlukan paling tidak 25.000 donasi baru agar dapat mempertahankan jumlah persediaan yang cukup untuk keadaan darurat.

MAK-System adalah pemimpin dalam pengembangan software untuk mengelola bank darah dan kegiatan transfusi darah. Pelanggannya yang tersebar lebih dari 21 negara, termasuk Amerika Serikat, saat ini menggunakan produk-produk MAK-System ini.Software suite Progresa dan Trace Line dari MAK-System akan diintegrasikan dengan Server dan software infrastruktur e-business dari IBM. Di sini MAK-System akan memasukkan kerangka kerja IBM untuk e-business sebagai bagian dari strategi pengembangan software-nya serta akan mengintegrasikan dengan menggunakan WebSphere* Application Server, DB2* Database Software dan eServer pSeries* pada AIX* milik IBM.Dengan berjalannya aplikasi MAK-System pada infrastruktur e-business yang terdapat dalam sebuah jaringan, bank-bank darah, rumah sakit-rumah sakit di berbagai kota, negara dapat bekerja sama dan menggunakan Internet untuk lebih cermat mengelola persediaan yang seimbang dengan permintaan.

Adalah Simon Kiskovski, presiden dan CEO, MAK-System International Group mengemukakan software MAK-System ini dijalankan pada sebuah platform teknologi yang terbuka, sehingga kami dapat mengintegrasikannya lebih baik dengan aplikasi-aplikasi lain yang digunakan rumah sakit-rumah sakit dan bank-bank darah dari berbagai negara di seluruh dunia. Dalam hal ini IBM dapat membantu kami melaksanakannya karena mereka memberikan middleware dan infrastruktur e-business yang terbaik di industri kesehatan. Aliansi strategis ini adalah perwujudan kepemimpinan MAK-System dalam bidang usaha yang sangat terfokus dan khusus ini, yang membutuhkan ketekunan, ketrampilan dan tentu saja ini merupakan sebuah visi yang cukup membanggakan dunia.

Sementara itu Russell Ricci, M.D. dan general manager, IBM Global Healthcare, menambahkan "mengelola setiap aspek pengumpulan, penyimpanan dan pendistribusian darah adalah persyaratan penting dari sistem kesehatan negara manapun - di setiap saat, baik dalam keadaan damai maupun krisis. Aplikasi-aplikasi MAK-System, dikombinasikan dengan teknologi e-business IBM akan menempuh perjalanan jauh dalam membantu menjamin sampainya sumber daya yang berharga ini ke orang-orang yang benar-benar membutuhkan.

"Aliansi strategis MAK-System ini adalah salah satu contoh komitmen IBM terhadap go-to-market dengan para vendor software indepnden (ISV) melalui program PartnerWorld* untuk Pengembang. Aliansi-aliansi ini melayani pelanggan di banyak industri seperti layanan keuangan, eceran, manufaktur dan segmen solusi, termasuk ERP (Enterprise Resource Planning), SCM (Supply Chain Management), CRM (Customer Relationship Management) dan inteligen bisnis. Tujuannya adalah untuk memberikan pengembang-pengembang akses ke pelanggan-pelanggan dan kesempatan-kesempatan pendapatan baru melalui pemasaran, penjualan dan sumber daya solusi yang dimiliki IBM. Para pengembang memiliki komitmen untuk menjadi pelopor dengan menggunakan middleware, paltform server dan layanan IBM dalam penawaran-penawaran yang mereka berikan kepada pelanggan.

Mak-System adalah sebuah tim yang terdiri dari tenaga-tenaga profesional, termasuk dokter, insinyur, pengembang software dan ahli teknik, yang mengkhususkan diri pada perancangan software untuk badan-badan pengumpul darah dan perusahaan-perusahaan farmasi. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa software MAK-System memenuhi seluruh kebutuhan bank-bank darah dan perundang-undangan yang berlaku, dengan menyediakan layanan dan dukungan kualitas terbaik kepada sektor darah.

Tidak ada komentar: