Sabtu, 15 Desember 2007


Robot yang Mampu Bekerja Sama layaknya Semut

"Robot itu bekerja layaknya semut. Saling gotong royong dan bisa berkomunikasi di antara mereka,robot itu bisa diaplikasikan bak tim SAR yang bekerja mengevakuasi korban bencana. Mau tahu cara kerjanya? Alat tersebut terdiri atas dua sensor dan dua buah alat komunikasi.

Untuk sensor, ada sensor sentuh dan sensor makanan (sebagai mandible imitasi semut).


Sebagai media komunikasi, digunakan radio frekuensi transmitter dan receiver (pengirim dan penerima),

menggunakan dua motor DC untuk menggerakkan robot. Ciri khas robot itu adalah team work. Empat robot bekerja bersama-sama dalam melaksanakan tugas-tugas.


Ada tiga mode yang tersedia. Yaitu, mode berbaris, pencarian makanan, dan pengangkutan makanan kembali ke sarang. Mode berbaris adalah sistem yang bekerja terlebih dahulu ketika robot diaktifkan. Untuk mode berbaris, salah satu robot akan terpilih secara acak untuk menjadi pemimpin barisan. Pemimpin barisan akan memberikan sinyal follow me kepada teman-temannya. Robot-robot lain akan mengikuti sang leader dan berbaris satu banjar di belakang pemimpin.


Setelah itu, mode pencarian makanan akan aktif. Untuk mode tersebut, semua robot bergerak secara acak ke seluruh area untuk mencari makanan. Makanan yang disediakan berupa balok-balok kecil yang dilapisi kertas aluminium foil. Robot yang menemukan makanan akan memberi tahu teman-temannya tentang lokasi makanan tersebut. Untuk sistem itu, alat komuikasi berupa RF (radio frekuensi) akan bekerja.


Setelah menerima pesan, secara otomatis robot lain bergerak menuju lokasi tersebut.Untuk mode terakhir, yaitu pengangkutan makanan, para robot akan membawa makanan menuju sarang. Sarang yang dimaksud adalah suatu daerah pada area lapangan yang sudah ditentukan sebelumnya. Di situ, sensor sentuh dan sensor makanan sangat berperan. "Cepat lambat robot beroda tersebut berlari bisa di-setting. Kelemahannya, robot itu masih sedikit error jika larinya dipercepat.
Dia tidak bisa mendeteksi dan mengangkut makanan dengan sempurna," Paling cepat untuk saat ini, robot tersebut mampu berjalan hingga 5km/jam.Indah membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk menggarap robot beroda itu. Total biaya yang dilahap untuk membuat empat robot tersebut sekitar Rp 1 juta.

2 komentar:

prinwibowo mengatakan...

bagus juga ni robotnya mbak. oh ya mbak ada yang ingin saya tanyain dari robot ini mbak.

informasi atau data apa yang dikirim melalui transmiter untuk di kirim ke robot lainnya kl menemukan makanannya, sehingga robot lain bisa mengetehui posisi robot yang menemukan makanan tsb. trus data apa yang dikirim waktu modus mengikuti leader kepada robot yang lain.

semoga makin nambah ilmunya deh buat mbak...
salut buat mbak krn jrang cewek hobi robot...
bisa jd guru saya ni....

mydesember mengatakan...

halo mba ayu......

salam kenal.....

kalo boleh tau email mba apa?

saya ingin sekali berkenalan dengan mba.....



kalo mba tidak keberatan contact email saya : mydesemberevil@gmail.com