Rabu, 12 September 2007

Perbandingan NoteBook

Teman Sejati di PerjalananPenggunaan layar berukuran 12”, ukuran kecil, membuat notebook memiliki nilai portabilitas yang tinggi. Tak hanya itu saja, notebook-notebook ini ternyata juga memiliki kinerja yang patut diacungi jempol.
Dengan tingkat kecepatan modernisasi yang tampaknya tidak terbendung akhir-akhir ini, rasanya semua hal sudah mulai terkomputerisasi. Dari tempat kerja, dimana semua data dimasukkan dalam komputer, hingga tempat belanja, dimana perhitungan bahan belanjaan juga menggunakan perangkat komputer, terlihat jelas bahwa komputer sudah hampir merambah setiap aspek kehidupan kita.
Notebook, juga merupakan salah satu bentuk modernisasi yang mulai menjadi perangkat yang umum dalam kehidupan kita. Ide komputer portabel yang sebenarnya mulai dicetuskan pada era 80-an ini baru akhir-akhir ini dapat direalisasikan. Ini semua berkat kemajuan teknologi. Dahulu, komputer portabel memiliki ukuran yang tidak dapat dibilang portabel, atau setidaknya tidak nyaman untuk dibawa dalam perjalanan. Kinerja dan mobilitasnya pun dapat dibilang rendah. Portabilitas di sini adalah tingkat kemudahan sebuah komputer saat dibawa di perjalanan. Ini berarti semakin ringan dan kecil ukurannya, semakin tinggi nilainya. Sementara itu, mobilitas adalah daya tahan baterai sebuah notebook dalam konsumsinya ketika digunakan.Namun sekarang, komputer portabel yang lebih umum disebut sebagai notebook tersebut sudah layak menyandang gelar komputer portabel sesungguhnya. Terlebih berkat kehadiran notebook-notebook kecil dengan ukuran layar 12”.
Ukuran layar pada sebuah notebook memang merupakan bahan pembahasan yang cukup serius. Hal ini disebabkan karena ukuran layar juga menentukan ukuran keseluruhan sebuah notebook. Dengan teori phytagoras sederhana, ukuran diagonal layar berpengaruh secara langsung terhadap ukuran panjang dan lebar sebuah notebook.
Selama ini, pengguna notebook cukup nyaman dengan notebook yang menggunakan layar 14”. Selain ukurannya masih dapat dibilang cukup portabel, kinerja yang ditawarkannya pun tidak terlalu berbeda dengan sebuah komputer dalam kondisi penggunaan kerja sehari-hari. Namun tampaknya, seiring dengan perkembangan jaman, pengguna notebook semakin menginginkan notebook menjadi lebih portabel dan memiliki kinerja yang semakin tinggi.

Tidak ada komentar: