Selasa, 16 Oktober 2007

Menggunakan GNU Compiler Collection

GNU Compiler Collection pertama kali di tulis oleh Richard M Stallman, yang awalnya hanya untuk meng-compile program yang di tulis dengan C. GCC tidaklah hanya tersedia pada Linux tetapi juga pada sistem yang Unix-Like lain seperti Freebsd, Netbsd,Openbsd seperti halnya pada Windows via Cygwin, Mingw32 dan lain2. GCC mendukung suatu platform yang luas seperti Intel x86 Arsitektur, AMD x86-64 , Alfa dan SPARC arsitektur.
GCC akan menjadi sangat penting ketika kita membutuhkannya untuk meng-compile sebuah program atau ingin meng-install sebuah program yang berbentuk source. Dalam Linux system GCC di gunakan sebagai compiler utama dalam meng-compile program2nya, bahkan kernel pun menggunakan GCC untuk meng-compile. Pada beberapa Distro ada yang menyertakannya secara default dalam systemnya paket GCC dan ada beberapa distro yang mungkin untuk tujuan desktop tidak menyertakannya. Untuk mengetahui apakah di system anda sudah tertanam GCC cek dengan perintah berikut.
Debian Family
# dpkg -l grep gcc
Redhat Family
# rpm -q gcc
Slackware Family
# (sorry aku ga’ apal)
Atau
# gcc -v
Kalau sudah ada kita siap untuk codding, Jika belum maka kita mengambil paket dari mirror distribusi yang kita gunakan, karena kita tidak bisa mengi-compile GCC dari source tanpa GCC itu sendiri :
D.Debian Family
# apt-get install gcc jika offline # dpkg -i [file_paket_gcc]
Redhat Family
# rpm -ivh [paket-gcc]
Slackware Family
# pkgtool -i [paket_gcc]
Setelah beres kita lanjutkan yah, kita coba buat 2 buah listing program. yang pertama helloword.h// helloworld.h#define COUNT 2static char hello[] = "hello world";Listing yang kedua adalah helloword.c// helloworld.c#include #include "helloworld.h"int main(){int i;for(i = 0;i <= COUNT; i++){printf("%s - %dn",hello,i);}return 0;}Compile program diatas dengan perintah…# gcc -v -o helloworld helloworld.cKemudian program binary dapat di exekusi dengan perintah ./helloword

Tidak ada komentar: