Kamis, 25 Oktober 2007

Balap Mobil dengan Trophy

Balap Mobil dengan Trophy


Di tengah-tengah persaingan game-game racing modern seperti Need for Speed, NASCAR, atau Grand Prix, untuk platform Linux kini malah hadir game racing yang menggunakan pendekatan yang berbeda: tampilan 2-D (bukan 3-D), sederhana, gampang untuk dimainkan. Bisa dikatakan, Trophy lebih mirip game arcade dibandingkan dengan simulasi. Tetapi jangan salah karena keunikan Trophy justru menawarkan keasyikan tersendiri.

Yang namanya balapan jelas bertujuan untuk dahulu hingga di garis finish. Persis seperti balap Formula, mobil si pembalap mesti mengelilingi sebuah track sepanyak beberapa lap. Hingga kini, baru tiga arena yang disediakan di Trophy, yaitu Loop, Zurich, dan Moon. Karena sifatnya yang masih 2-D, sebagai pembalap Anda akan mendapat medan pandang ala satelit, yaitu mobil-mobil yang terlibat balapan ini terlihat dari atas. Meskipun mungkin pertamanya aneh, lama-lama justru hal ini membawa derajat kegemaran tersendiri.

Tak seperti track yang normal, tracknya Trophy agak aneh bin ajaib. Anda akan menemukan berbagai macam item, mulai dari hati untuk memulihkan ‘kesehatan’ mobil balap hingga bom yang bisa meledakkan. Beberapa peluru kendali juga ditebar di sana-sini. Ambil saja satu dan Anda sekarang punya kesempatan untuk menembak pembalap lain. Hal yang sama bisa juga terjadi sebaliknya, mobil Anda diberangus senjata lawan. Bisa dikatakan, track yang mengerikan seperti ini menyebabkan Trophy menjadi ajang balapan ‘maut’.

Akan halnya sound effect, meskipun masih diimplementasikan secara sederhana saja, beragam bunyi-bunyian tersebut cukup menambah ketegangan bertarung. Telah diungkapkan bahwa Trophy ini lebih mirip game arcade, nah hal ini semakin nyata terlihat begitu memperhatikan efek suaranya.

Trophy, ClanLib, Hermes
Sebagai sebuah aplikasi, Trophy bergantung kepada beberapa library eksternal. Yang terpenting di antaranya adalah Hermes dan ClanLib, yang dua-duanya juga open-source dan bisa dicomot dari situs web www.clanlib.org. Hermes berfungsi sebagai koleksi rutin-rutin untuk olah grafis. Sementara itu, cakupan ClanLib lebih luas karena ClanLib merupakan library yang didesain untuk digunakan tatkala membangun sebuah game. Karenanya, fasilitas yang disediakan juga beragam, mulai dari akses ke layar hingga elemen-elemen networking untuk kemampuan multiplayer. Yang jelas, sebelum menginstalasi Trophy, pastikan saja Hermes dan ClanLib sudah terpasang lebih dulu. Atau kalau belum, jangan lupa instali dulu keduanya. Untuk distro berbasis RPM seperti SuSE atau Mandrake, gunakan aplikasi seperti GnoRPM atau KPackage. Dengan Mandrake, Anda juga memanfaatkan Software Manager.

Karena merupakan produk open-source, Anda mendapatkan kebebasan penuh untuk mengakses source-code dari game satu ini. Bagi kebanyakan orang, mungkin hal ini bukanlah sesuatu yang terlalu menggairahkan, mengingat memandangi source-code tanpa mempelajari pemrograman tidaklah begitu berarti. Yang lebih seru adalah kemampuan khusus untuk menghasilkan track buatan Anda sendiri. Tiga track default yang disediakan tentu saja sangat kurang, tetapi terbuka kemungkinan untuk menghasilkan grafis khusus untuk track-track baru. Manualnya sendiri bisa dibaca dengan jelas di alamat http://trophy.sourceforge.net/manual/designer/en/index.html. Jika disimak, tool pengolah gambar seperti Gimp sudah cukup untuk menghasilkan sebuah track baru, jadi hal satu ini bukan pekerjaan yang berat.

Satu hal yang sayangnya masih belum diimplementasikan di Trophy adalah kemampuan multiplayer. Karena game ini relatif sederhana dan bisa dimainkan siapa saja, tentu akan lebih memikat jikalau balapan yang dilakukan adalah dengan lawan yang sungguhan, bukan lawan maya dengan kecerdasan buatan yang pas-pasan saja. Andrew Mustun sebagai pengembang Trophy sendiri belum memastikan apakah versi berikutnya akan mendukung multiplayer, akan tetapi kalau Anda berminat membantu untuk urusan ini, fitur tersebut mungkin betul-betul bakal terwujud.


Tidak ada komentar: